Kamis, 30 Juli 2020

Beginilah Cara Virus Corona Menyebar dengan Cepat

Life Extension Indonesia -Pada tahun 2002-2003, wabah SARS menyerang China. Sebanyak 5.327 penduduk  China terinfeksi dan 349 penduduk China meninggal dunia.

Saat ini, China terkena wabah virus corona. Menurut beberapa sumber, wabah ini lebih parah dibandingkan wabah SARS karena telah menginfeksi 17.205 penduduk China dan membuat 361 penduduk China meninggal dunia.

Jika dijumlahkan dengan kasus di negara lain, maka jumlah orang yang terinfeksi virus corona mencapai 17.387 dan jumlah orang yang meninggal mencapai 362.

Kenapa virus corona menyebar dengan cepat?

Virus corona bisa menular dari manusia ke manusia melalui berbagai cara, salah satunya melalui percikan cairan saat batuk atau bersin.

Saat seseorang yang terinfeksi virus corona batuk atau bersin, cairan yang keluar dari mulut dan hidung mereka bisa menyebar ke udara dan masuk ke dalam mata, hidung, serta mulut orang di sekitarnya. Saat itulah, virus corona menginfeksi orang lain.

Orang yang terinfeksi virus corona bisa saja tidak menunjukkan gejala apa-apa. Meskipun begitu, orang yang sudah terinfeksi virus corona bisa menyebarkan virus terserbut kepada orang sekitar. Hal itulah yang membuat virus corona menyebar dengan cepat tanpa diketahui.

Cairan yang keluar saat seseorang yang terinfeksi batuk dan bersin bisa menempel di gagang pintu, strapskereta atau bus, tombol lift, dan  banyak lagi. Virus yang menempel pada benda-benda tersebut dapat bertahan selama 24 jam dan membuat penyebaran virus semakin cepat.

Apa yang harus kita lakukan?

Untuk menghindari menyebaran virus corona, kita bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

1.   Hindari tempat umum untuk sementara waktu

Kita tidak tahu apakah orangb yang ada di sekitar kita terkena virus corona atau tidak. Karena itu, ada baiknya kita menghindari tempat umum untuk sementara waktu. Jika kita harus pergi ke tempat umum, gunakanlah masker.

2.   Gunakan masker baru

Masker hanya bisa digunakan satu kali. Jadi, buang masker jika sudah digunakan seharian atau sudah terasa lembap. Jika kita menggunakan masker yang sama terus menerus, bakteri yang ada di dalam masker bisa berkembang di sana. Jadi, gunakanlah masker baru setiap hari.

Jika ada orang lain yang batuk dan bersin di sekitar kita, coba berikan mereka masker. Jika tidak memiliki masker lebih, kita bisa menjaga jarak dengan mereka. Jarak aman agar cairan bersin atau batuk mereka tidak mengenai kita adalah dua meter.

3.   Bersihkan tangan secara rutin

Virus bisa menempel pada banyak benda yang ada di tempat umum. Karena itu, jangan lupa untuk membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik setelah menyentuh benda-benda di tempat umum. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Virus yang menempel pada benda di tempat umum bisa bertahan selama 24 jam dan menempel di tangan saat kita menyentuhnya. Agar virus tersebut tidak masuk ke dalam tubuh kita, jangan menyentuh wajah (terutama mata, hidung, dan mulut) sebelum membersihkan tangan.

4.   Jangan menggunakan alat makan dan mandi bersama

Hal lain yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyebaran virus corona adalah tidak menggunakan alat makan dan alat mandi yang sama. Jika kita makan bersama di restoran, gunakan sendok yang berbeda untuk mengambil makanan, jangan langsung menggunakan sendok yang masuk ke dalam mulut kita.

5.   Jaga imunitas tubuh

Sistem imun yang ada di dalam tubuh kita merupakan alat utama untuk melawan virus penyebab penyakit. Karena itu, kita harus menjaga sistem imun di dalam tubuh agar tetap stabil dengan cara konsumsi makanan sehat, olahraga secara teratur, dan sitirahat yang cukup.

Selain itu, kita juga bisa meningkatkan sistem imun dengan mengonsumsi suplemen Once Daily Health Boosterdari Life Extension Indonesia. Suplemen ini mengandung beragam nutrisi yang diperlukan tubuh agar tetap sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar